INDONESIA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI, POLITIK, DAN HANKAM

Nabi sulaiman telah mencetak sejarah dalam membangun keungggulan peradaban. Pada pemerintahannya, ia juga memiliki kendali luas di era global di masanya. Ia telah sukses membangun sistem yang kokoh dalam segala aspek pada pemerintahannya. Kemampuannya dalam mengelola pemerintahan telah memancarkan pesonanya yang sampai kini terukir dalam Al-Qur’an.

Tahun 1945 menjadi moment yang besar bagi 2 negara. Yaitu Indonesia dan Jepang. Indonesia yang saat itu lepas dari cengkeraman penjajah dan Jepang yang negaranya merintih karena serangan bom atom di kota Hiroshima dan Nagasaki. Kedua Negara yang mengalami nasib yang sama pada tahun 1945, yaitu kehacuran, sama-sama memulai sejarahnya. Seiring berjalannya waktu, Jepang tumbuh menjadi negara maju yang disegani. Sedangkan Indonesia menjadi pemegang rekor dalam hal kemiskinan dan korupsi.

Tiga aspek penting yang harus diperhatikan dalam suatu pemerintahan adalah aspek ekonomi, politik, dan hankam. Jika melihat kondisi masyarakat Indonesia saat ini, tentu sangatlah jauh jika dibandingkan dengan pemerintahan Sulaiman.

Kondisi ekonomi Indonesia yang berkiblat pada pada sistem ekonomi barat belum juga menampakkan hasil yang lebih baik. Pengangguran dan kemiskinan masih saja menghiasi wajah negara Indonesia. Kesulitan ekonomi pada masyarakat yang menyebabkan moral bangsa yang kian memudar.

Bulan juli 2009 bangsa Indonesia telah mengadakan pesta demokrasi yaitu pemilihan presiden dan wakil presiden yang sebelumnya telah dilaksanakan pemilihan legislatif, makin terlihat bahwa kondisi politik Indonesia masih dikerjakan oleh tangan-tangan kotor. Money politik merebak dalam masyarakat. Money politik yang sasarannya adalah masyarakat awam, yang kesulitan dalam hal ekonomi dan tidak mengerti esensi dari pemilu tentu saja akan membuka luas praktek itu. Nepotisme kerap menghiasi pada lembaga pemerintahan.

Dalam hankam, Indonesia masih sering bermasalah. Melihat ke belakang, gerakan separatis berulang kali terjadi mulai dari Gerakan Aceh Merdeka, lepasnya timor-timor, dan saat ini disusul oleh wilayah bintang kejora. Pengawasan yang kurang terhadap daerah perbatasan juga mengakibatkan Indonesia seringkali berseteru dengan negara tetangga.

Dalam sebuah negara, aspek ekonomi, politik, dan hankam sangatlah penting yang harus saling menguatkan. Lalu bagaimana mengatasi masalah-masalah yang dihadapi bangsa ini?

Kemiskinan merebak dimana-mana akibat korupsi, pengelolaan sumberdaya yang kurang optimal yang dikuasai oleh negara/individu lain. Bukan karena Indonesia kurang sumberdaya manusia yang tidak bisa mengelola. Tapi karenakepentingan individu penguasa, sehingga sumberdaya yang sangat penting bagi Indonesia dikuasai oleh negara lain. Money politik tidak akan tetjadi jika kondisi ekonomi masyarakat Indonesia sudah terpenuhi dan masyarakat sadar. Dan hanka m akan lebih optimal perannya apabila fasilitas yang diperlukan yaitu peralatan terpenuhi.

Sebenarnya inti dari masalahnya terdapat pada individu pemegang pemerintahan adalah kurangnya keyakinan dan keteguhan dalam berIslam. Keyakinan dan keteguhan harus terpatri dalam jiwa masyarakat terutama pemegang kekuasaan. Karena Islam adalah agama yang syumul, yang mengatur dari semuanya dari hal yang terkecil. Masyarakat telah perlahan-lahan jauh dari dien yang telah diridhoi. Islam hanya dijadikan identitas belaka. Begitu banyak kisah suatu kaum yang Allah telah membianasakan mereka karena kezalimannya, namun kenapa tidak menjadi pelajaran?

Kondisi Indonesia yang dari aspek ekonomi masyarakat yang sedang merintih, dari aspek politik yang sistemnya yang mungkin sudah mapan walaupun tak akan pernah sesempurna sistem Islam, dan dalam pertahananpun masih harus dibenahi, harusnya menjadikan masyarakat akan pentingnya hidup dengan ridhoNya, dengan belajar dari sejarah. Wallahu a’lamubishowab.

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: