Review atas jurnal “REAKSI PASAR MODAL INDONESIA TERHADAP PENGUMUMAN PENERBITAN OBLIGASI SYARIAH”

Jurnal “Reaksi Pasar Modal IndonesiaTerhadap Pengumuman Penerbitan Obligasi Syariah” ditulis oleh Nunung Ghoniyah, Mutamimah, Jenar Widayati (Fakultas Ekonomi Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA) Semarang ) yang di terbitkan oleh SNA 2011.

 

Latar Belakang Teori dan Tujuan Masalah

Penelitian ini merupakan penelitian penjelasan (explanatory research) yang akan membuktikan pengaruh atas variabel bebas yaitu pengumuman  penerbitan obligasi syariah terhadap dependent variable yaitu  pasar modal indonesia.

Penelitian ini menganggap bahwa terdapat  reaksi pasar  modal indonesia saat diumumkannya obligasi syariah.

Tujuan penelitian  ini adalah untuk membuktikan:

  1. Terjadinya abnormal return yang positif  dan signifikan atas pengumuman  penerbitan obligasi syariah
  2. Terjadinya perubahan trading volume activity saham yang positif dan signifikan atas pengumuman penerbitan obligasi syariah
  3. Terdapat perbedaan yang signifikan abnormal return sebelum dan sesudah pengumuman penerbitan obligaasi syariah
  4. Terdapat perbedaan yang signifikan trading volume activity  sebelum dan sesudah pengumuman penerbitan obligaasi syariah

 

Metode

Subjek daripenelitianini adalah 9 emiten dari 17 perusahaan yang menerbirbitkan obligasi syariah per 30 november 2006. Pengumpulan data dengan menggunakan metode purposive sampling. Jenis penelitian yang digunakan adalah event study dengan periode pengamatan selama 21 hari disekitar tanggal pengumuman, yaitu 10 hari sebelum tanggal pengumuman, 1 hari saat pengumuman, dan 10 hari setelah tanggal pengumuman.

Hasil dan Pembahasan

Terjadinya abnormal return yang positif  dan signifikan atas pengumuman penerbitan obligasi syariah

Hasil penelitian ini membuktikan bahwa terjadi  abnormal return yang positif  tapi tidak signifikan atas pengumuman penerbitan obligasi syariah  yang artinya hipotesis dari penelitian ini tidak dapat didukung. Terdapat indikasi bahwa pengumuman penerbitan obligasi syariah kurang memberikan kandungan informasi yang bermakna bagi investor, karena investor masih cenderung melakukan strategi wait and see akibat dari pasar modal yang belum efisien. Strategi ini dilakukan karena masih terdapat informasi yang tidak jelas mengenai prospek perusahaan di masa depan sesudah penerbitan obligasi syariah.

Terjadinya  perubahan trading volume activity saham yang positif dan signifikan atas pengumuman penerbitan obligasi syariah.

Hasil penelitian ini membuktikan bahwa terdapat trading volume activity saham yang positif dan signifikan atas pengumuman penerbitan obligasi syariah. adanya kepercayaan para investor yang menganggap bahwa penerbitan obligasi syariah menjalankan prinsip – prinsip syar’i sehingga keamanan lebih terjamin untuk bertransaksi. Hal ini mampu membuktikan bahwa pengumuman obligasi syariah memiliki kandungan informasi, sehingga menyebabkan adanya perubahan yang signifikan atas aktivitas volume perdagangan saham

Terdapatnya  perbedaan yang signifikan abnormal return sebelum dan sesudah pengumuman penerbitan obligaasi syariah

Hasil penelitian ini membuktikan bahwa terdapat perbedaan antara abnormal return sebelum dan sesudah pengumuman penerbitan obligasi syariah, tetapi tidak signifikan yang artinya hipotesis dari penelitian ini tidak dapat didukung. Bahwa hasil menunjukkan bahwa penelitian ini tidak menemukan adanya perbedaan tingkat kemakmuran  investor pada periode pengamatan, baik sebelum  maupun sesudah pengumuman penerbitan obligasi syariah dimana kondisi tersebut kemungkinan karena obligasi syari’ah pada saat sekarang ini kurang disosialisasikan secara tepat, sehingga masyarakat tidak mengetahui keunggulan-keunggulan yang sebenarnya dari obligasi syari’ah

Terdapat perbedaan yang signifikan trading volume activity  sebelum dan sesudah pengumuman penerbitan obligaasi syariah

Hasil penelitian ini membuktikan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara trading volume activity sebelum  maupun sesudah pengumuman penerbitan  obligasi syari’ah, yang artinya penelitian ini tidak dapat didukung. Trading volume activity sesudah penerbitan obligasi syariah akan lebih besar apabila penerbitan tersebut memberikan nilai tambah (kemakmuran), keamanan secara syar’i bagi investor.

Critical review

Secara keseluruhan,jurnal ini sudah cukup lengkap dan memenuhi standar kepenulisan. Namun ada yang perlu di critical review penulis kurang memberikan teori yang cukup mendukung pada hipotesa.hipotesa ditulis hanyaberdasarkan penelitian terdahulu. Peneliti juga tidak menjelaskan analisa yang digunakan dalam penelitian tersebut.

Kesimpulan

Berdasarkan hasil pengujian baik dengan indikator abnormal return maupun trading volume activity, secara umum disimpulkan bahwa pasar bereaksi tetapi tidak signifikan terhadap pengumuman penerbitan obligasi syariah. Hasil pengujian dari penelitian ini, hanya hipotesa I yang mendukung atas penelitian ini.

  1. #1 by suci laela ningrum on April 13, 2013 - 3:32 pm

    Assalammu’alaikum wr. wb.

    saya mau bertanya apakah penelitian ini bisa saya dapatkan full nya atau tidak? sebagai bahan referensi saya. sebelumnya terima kasih.

    Wassalammu’alaikum wr. wb.

    • #2 by Az Zahr on April 16, 2013 - 9:32 am

      bisa, insyaAllah akan saya kirim segera..

  2. #3 by Bryan on September 19, 2013 - 3:15 pm

    Bisa nggk saya mau lihat yg full nya utk bahan referensi saya

    • #4 by Az Zahr on October 13, 2013 - 6:38 am

      bisa, insyaAllah akan saya kirim lewat email

  3. #5 by dedi on October 21, 2013 - 4:59 am

    Assalamu’alaikum..
    saya ingin menjadikan jurnal ini sbg slh satu refrensi saya. bisakah saya mendapatkan yg utuh untuk sya plajari ?
    trmakasih sblmnya..

    wasslmu’alaikum..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: