Hanya Ada Satu Anda: Kenali dan Terima Apa Adanya!!

Perbedaan, memang harus ada untuk saling melengkapi. Perbedaan karakter, keahlian, sampai pada hal yang disukai. Harus kita sadari bahwa masing-masing dari kita adalah unik. Yang sering kita temui adalah, tidak sedikit orang bemasalah karena perbedaan karakter dengan yang lain. Ada yang berwatak keras  ada juga yang lembut, ada yang tertutup ada juga yang terbuka, ada yang cenderung optimis ada yang cenderung pesimis, ada pendengar ada juga yang maunya didengarkan. Begitulah watak manusia. Dan memang Tuhan menciptakan manusia dengan watak yang berbeda yang sebenarnya dari adanya perbedaan itulah yang akan menyatukan seseorang dengan yang lain. Ada percakapan yang menarik ketika saya mengikuti wisata bersama sebuah organisasi. Saat sesi sharing di alam terbuka  dibalik sekumpulan sekumpulan pohon di lautan pasir yang luas. Sang ketua umum bertanya kepada semua anggota, “saya melihat sesuatu yang unik juga disini, saya lihat gunung-gunung yang ada d sini, dari beberapa gunung, yang lain semuanya warnanya hijau ada pohon-pohonnya, tapi kenapa bromo warnanya hitam hanya pasir sama sekali tidak ada pohon yang tumbuh? Ada yang bisa menjawab”. Ada seorang anggota menjawab reflek “itu keberagaman”.  Ya, kehidupan itu indah karena keberagaman penuh warna disekitar kita. Keberagaman jika itu sebuah tim yang dikelola dengan baik akan menjadikan tim tersebut unggul. Pasangan yang masing berbeda saling berlawanan akan semakin saling menguatkan karena bisa saling melengkapi.

Watak/Karakter adalah sesuatu yang unik dari seseorang dan menarik untuk dibahas. Masing2 orang ingin mengetahui watak orang lain. Sehingga beberapa orang menciptakan pembagian jenis watak: type kepribadian menurut Johari Windows, berdasarkan bintang, golongan darah warna kesukaan, dll. Alatnyanya pun ada yang memakai enegram, I-personic, ada juga personality plus. Terdapat empat watak dalam personality plus: koleris (kuat), sanguinis (popular), plegmatis (damai), dan melankolis (sempurna). Masing-masing punya kelebihan dan kelemahan.  Disini saya akan sedikit mengupas tentang personality plus.

Personality plus dipopulerkan pertama kali oleh Hippocrates (460-370 SM) berdasarkan cairan tubuh yang berbeda-beda:

–           Sifat kering terdapat dalam choleric (empedu kuning)

–          Sifat basah terdapat dalam melancholic (empedu hitam)

–          Sifat dingin terdapat dalam phlegmatic (lendir)

–          Sifat panas terdapat dalam sanguinis (darah)

. Ibnu Sina mengembangkan sampai meliputi aspek emosional, kapasitas mental,  perilaku moral, pergerakan, dan seterusnya (dalam bukunya Canon of Medicine) dan menggolongkan menjadi 4 macam:

–          Sanguinis yang dicirikan sifat panas dan lembab

–           Koleris yang dicirikan panas dan kering

–          Melankolis dingin dan kering

–          Pleghmatis dingin dan lembab

Yang pada akhirnya dilambangkan/disimbolkan dengan istilah elemen udara, api, tanah dan air. Dalam tokoh kartun kita bisa menemukan karakter Sasuke yang koleris dan Naruto yang sanguinis.

Pribadi sangunis adalah pribadi yang spontan, lincah, dan periang. Ketika bertemu dengan pribadi sangunis, seringnya kita akan berpikir bahwa “dia belum dewasa”. Teringat ada seseorang yang sempat cerita ketika beliau sedang gencarnya mencari calon istri. Ketika sudah menemukan yang menurutnya cocok dan calon istrinya sreg, ternyata orang tua calon tidak merestui karena alasan “dia belum dewasa”. Padahal yang saya tahu beliaunya adalah seorang trainer, juga penulis buku.

Cirri utama dari seorang sanguinis: ekstrovert, pembicara dan optimis. Dalam emosi mereka berkepribadian menarik, suka berbicara dan humor, pembicaraannya memukau, periang dan penuh semangat, berhati tulus, sebagai teman kepribadian ini tanpa dendam, cepat minta maaf, menghidupkan suasana tapi suka dipuji. Kelemahannya: pekerjaan sering tertunda, kurang disiplin, sering kekanak-kanakan, tidak focus, pelupa, bukan decision maker yang baik, tidak bisa tegas, butuh pujian, suka menyela.

Pribadi melankolis sempurna adalah pribadi yang penuh pikiran, setia, tekun. Ciri utama dari seorang melankolis:  introvert, pemikir, dan pesimis. Dalam emosi mereka mendalam dan penuh pikiran, analisis, serius dan tekun, artistic dan musical,  dan perasa terhadap orang lain. Kelemahannya: cenderung muram, kurang ramah, cool, sensitive, perasa, mudah sakit hati, predisposisi paranoid, sulit bekerja sama, kurang berani action, kurang berani mengambil keputusan dan banyak pertimbangan.

Pribadi koleris adalah pribadi yang suka petualangan, persuasive, dan percaya diri. Ciri utama dari pribadi ini: ekstrovert, pelaku, dan optimis. Dalam emosi mereka berbakat memimpin, aktif, memancarkan keyakinan/wibawa/karisma, bebas dan mandiri, intuisi kuat dan berani memutuskan. Kelemahannya: sering tidak sabar, sering kurang pertimbangan (keputusan intuitif), pendekatan terhadap orang lain sering buruk, sulit disalahkan dan sulit memaafkan, suka konfrontatif apalagi jika diremehkan/dipandang sebelah mata.

Pribadi pleghmatis adalah pribadi yang ramah, sabar dan puas. Ciri utama dari pribadi pleghmatis: introvert, pengamat, pesimis. Dalam emosi mereka rendah hati, santai, tenang tapi cerdas, simpatik daan baik hati, bahagia menerima kenyataan, serbaguna. Kelemahan: keberadaannya seperti tidak ada, kurang bergairah, kurang bersemangat, pengen cepat-cepat beres dalam hal yang diperselisihkan, susah digerakkan, lambat untuk memulai karena malas.

Ketika sudah menemukan “dimana karakter kita mendominasi??”. Maka terima diri kita apa adanya. Pilih pekerjaan yang sesuai, cintai, dan cari model untuk mengembangakannya. Karena setiap diri kita “UNIK”.. ^_*

Wallahu a’lam..

# dari bbrp sumber
12 maret ’13

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: