Expends: Beban

Kriteria pengakuan beban sangat penting untuk praktek akuntansi. Dalam bab ini, kita membahas panduan yang standar akuntansi IASB AASB bagaimana pengakuan dan pengukuran beban. Metode mengalokasikan biaya (sebab dan akibat, alokasi sistematis dan rasional, dan pengakuan langsung) diuraikan. praktek-praktek yang ada, seperti pencocokan (matching) dan konservatisme, menimbulkan masalah bagi pembuat standar akuntansi dan auditor.

ð  DEFINISI BEBAN

Dalam kerangka ayat 70, beban didefinisikan sebagai Read the rest of this entry »

Leave a comment

Jalan Kembali: Ketenangan Ada di Sana

Hidup,,

Sebuah perjalanan penuh teka-teki yang tiada pernah seseorang dapat menebak apa yang akan terjadi dengan dirinya. Memang, hidup itu sebuah misteri. Terkadang bahagia dan terkadang sedih, terkadang mengalami kemudahan dalam mengatasi persoalan dan terkadang mengalami kesulitan bahkan merasa telah ada pada jalan yang buntu.  memang begitulah hidup sampai orang-orang banyak berpendapat tentang hidup. “The Birth of Tragedy”, menurut filsul Jerman dalam sebuah bukunya. Atau “Life is Terrible Joke” menurut Arthur Read the rest of this entry »

Leave a comment

Hanya Ada Satu Anda: Kenali dan Terima Apa Adanya!!

Perbedaan, memang harus ada untuk saling melengkapi. Perbedaan karakter, keahlian, sampai pada hal yang disukai. Harus kita sadari bahwa masing-masing dari kita adalah unik. Yang sering kita temui adalah, tidak sedikit orang bemasalah karena perbedaan karakter dengan yang lain. Ada yang berwatak keras  ada juga yang lembut, ada yang tertutup ada juga yang terbuka, ada yang cenderung optimis ada yang cenderung pesimis, ada pendengar ada juga yang maunya didengarkan. Begitulah watak manusia. Dan memang Tuhan menciptakan manusia dengan watak yang berbeda yang sebenarnya dari adanya perbedaan itulah yang akan menyatukan seseorang dengan yang lain. Ada percakapan yang menarik ketika saya mengikuti Read the rest of this entry »

Leave a comment

Bersiaga Terhadap Sebuah Misteri

Hidup memang sebuah misteri bahkan tragedi, kadang ia terisi dengan kebahagian namun tak jarang berisi duka dan tangis air mata. Begitupun dengan kematian. Tidak ada yang tau kapan detak jantung seseorang akan terhenti, kematian selalu mengikuti setiap individu tidak peduli kondisi, situasi ataupun tempat. Ia akan menjemput kapan saja dan kapan saja ketika ia mau. Tanpa prediksi!!

Ia memang misteri, ada yang Read the rest of this entry »

Leave a comment

EMERGING ISSUES IN ACCOUNTING AND AUDITING: MUNCULNYA MASALAH DALAM AKUNTANSI DAN AUDITING

Faktor yang Mempengaruhi Penelitian Akuntansi dan Auditing, Peraturan dan Praktek

Salah satu pengaruh utama pada praktek dan penelitian akuntansi dan auditing dieksplorasi  dalam teks adalah semakin meningkatnya internasionalisasi standar akuntansi dan auditing.
XBRL
Ada revolusi teknologi dalam penyelesaian yang akan mempengaruhi bagaimana laporan keuangan dipersiapkan. Pada akhir 2008, US securuties and exchange commission  (SEC) memilih untuk menyatakan  500 perusahaan publik terbesar di Amerika Serikat untuk mengajukan laporan keuangan 2009 mereka menggunakan bahasa bisnis pelaporan extensible (XBRL), dengan diikuti perusahaan lain. XBRL membolehkan informasi keuangan untuk disajikan Read the rest of this entry »

Leave a comment

BEHAVIOURAL RESEARCH IN ACCOUNTING :PENELITIAN PERILAKU DALAM AKUNTANSI

Behavioural  accounting research: definisi dan ruang lingkup

Behavioural  accounting research  didefinisikan sebagai:

Studi perilaku akuntan  atau perilaku non akuntan dimana mereka dipengaruhi oleh fungsi akuntansi dan laporan.

Behavioural  accounting research  (BAR), penelitian pasar modal dan penelitian teori agency dapat disebut penelitian ‘positif’ dalam pengertian bahwa mereka dikaitkan dengan menemukan ‘fakta’: penelitian pasar modal menanyakan ‘bagaimana reaksi pasar sekuritas terhadap informasi akuntansi?’; teori agensi menanyakan Read the rest of this entry »

Leave a comment

BERBANGGALAH BAGI MEREKA YANG MENJADI INCARAN SYAITAN

Sebagian dari kita mungkin ingin terbebas dari incaran syaitan, karena syaitan mengincar manusia adalah untuk menyesatkan kita agar kita jauh dari petunjuk Allah. Memang, visi syaitan adalah untuk menyesatkan keturunan Adam untuk menjadi teman mereka di neraka. Dan itu telah menjadi komitmen mereka ketika Allah memerintahkan semua ciptaanNYA untuk bersujud kepada Adam. Bisa diambil kesimpulan, syaitan Read the rest of this entry »

Leave a comment

FUNGSI PENGENDALIAN

3.1       Pengertian dan Asas Pengendalian

Pengendalian adalah proses pengaturan berbagai faktor dalam suatu perusahaan, sehingga pelaksanaan kerja dan rencana kerja yang telah dibuat untuk mencapai tujuan-tujuan.

Tujuan pengendalian :

1.  Supaya proses pelaksanaan dilakukan sesuai dengan ketentuan-ketentuan dari rencana. Read the rest of this entry »

Leave a comment

Thanks Allah…

Rabbi, di semester ini, memang terasa sangat berat. Memang seharusnya aku tidak mengeluh dengan semua ini, aku lebih fokus pada lelahku daripada terhadap nikmatMU. Dan  Engkau memang akan selalu memberikan kesempatan kepada hamba-hambaNYA untuk menyelesaikan semua masalah yang dihadapi. Read the rest of this entry »

Leave a comment

KEPEMIMPINAN

3.1     Definisi Kepemimpinan

Wikipedia, menurut john adair, Kepemimpinan adalah proses memengaruhi atau memberi contoh oleh pemimpin kepada pengikutnya dalam upaya mencapai tujuan organisasi.Cara alamiah mempelajari kepemimpinan adalah “melakukannya dalam kerja” dengan praktik seperti pemagangan pada seorang seniman ahli, pengrajin, atau praktisi. Dalam hubungan ini sang ahli diharapkan sebagai bagian dari peranya memberikan pengajaran/instruksi. Read the rest of this entry »

Leave a comment